Selasa, 25 Mei 2010

Cataflam, obat sakit gigi ku yang tak tertahankan

Tahukah kamu bahwa, cataflam adalah obat yang paling manjur yang sering aku gunakan untuk meredakan nyeri gigiku yang hampir membuat aku mati (lebai mode on), tetapi sumpah kok, benar banar hampir putus asa, sepanjang malam sering tidak bisa tidur. Waktu aku tau obat ini waktu browsing di mbah google lah. Aku bukannya tidak tau obat apa yang tepat untuk sakit gigi (yang kutau Cuma Ponstan dan Amoxilin) walaupun aku seorang fisioterapis. Tetapi mau bagaimana lagi. Kalu boleh beristilah, lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi.



Langsung saja ya untuk menceritakan obat ini.
Pada dasarnya menurut info dari sumber aku yang terpercaya (medicastore.com), cataflam itu merupakan kalium diklofenak (diclofenac). Indikasi untuk obat ini yaitu Keadaan meradang setelah traumatik (terpukul/terbentur/teriris) yang disertai rasa sakit/nyeri, peradangan dan nyeri sesudah operasi, sebagai tambahan pada infeksi THT (tenggorkan, hidung, telinga) yang meradang yang disertai nyeri hebat, juga pada nyeri pada tulang belakang, reumatisme non artikular (rematik, encok). Untuk kontraindikasinya yaitu Hipersensitif terhadap Diklofenak atau obat-obat anti radang non steroid yang lain, juga Ulkus peptikum (radang usus).

Obat ini juga dilarang dikonsumsi jika :
 Riwayat penyakit lambung-usus.
 Gangguan fungsi hati, jantung, atau ginjal.
 Asma.
 Porfiria.
 Usia lanjut, pengemudi kendaraan, operator mesin.
 Pasien yang kehilangan volume ekstraseluler.
 Hamil dan menyusui.

Pada pengobatan jangka panjang, dianjurkan mengawasi fungsi hati dan hitung darah.
Interaksi obat :
 meningkatkan kadar Lithium, Metotreksat, Digoksin dalam plasma.
 dapat mengurangi efek diuretika.
 Siklosporin, antikoagulan, antidiabetika oral, Quinolon.

EFEK SAMPING
 Kadang-kadang : gangguan lambung-usus, sakit kepala, pusing, vertigo, kemerahan pada kulit, peningkatan serum transaminase.
 Jarang : ulkus peptikum, abnormalitas fungsi ginjal, perdarahan saluran pencernaan, hepatitis, hipersensitifitas.
 Kasus-kasus tertentu : pankreatitis, penyempitan usus seperti diafragma, meningitis aseptik, pneumonitis, eritema multiformis, sindroma Stevens-Johnson, sindroma Lyell, eritroderma, purpura (keadaan yang ditandai dengan bercak-bercak perdarahan dalam kulit atau selaput lendir), diskrasia darah, gangguan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), gangguan perasaan atau penglihatan.

INDEKS KEAMANAN PADA WANITA HAMIL
B: Baik penelitian reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko pada janin maupun penelitian terkendali pada wanita hamil atau hewan coba tidak memperlihatkan efek merugikan (kecuali penurunan kesuburan) dimana tidak ada penelitian terkendali yang mengkonfirmasi risiko pada wanita hamil semester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trisemester selanjutnya).

KEMASAN
Tablet 50 mg x 50 biji. DOSIS
 Dewasa : dosis awal 100-150 mg dibagi dalam 2-3 dosis.
 Pada kasus yanglebih ringan dan untuk anak berusia lebih dari 14 tahun : 75-100 mg sehari.
PENYAJIAN
Dikonsumsi bersamaan dengan makanan

60 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bener bangat boss..
    Langsung iLang tuh Sakit gigi...

    meskipun agak mahal per tablet...
    tak aapaLah dari pada menaahan rasa sakit yg bergejoLak..
    hahahahhahah...

    BalasHapus
  3. ane baru nyobai beberapa jam yg lalu boss, blm ada reaksi neh..

    BalasHapus
  4. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:m5sIz_KxRE4J:moko31.wordpress.com/2009/05/24/cataflam-nsaid-tinjauan-produk/+cataflam&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a&source=www.google.co.id

    kalo baca review dari link di atas, aga serem juga ni obat ya bos.
    mesti bijak ni, dalam penggunaannya.
    cheers.

    BalasHapus
  5. bro gigiku skt bgt ni.. Ga tau beli obt it dmn?bro gigiku skt bgt ni.. Ga tau beli obt it dmn?

    BalasHapus
  6. kejadian beda yang aku alami gan, kalau aku gusi bengkak, tapi tanya di apotik sama apotekernya di kasih ini obat, lum tahu reaksinya lum keluar nich....

    BalasHapus
  7. idem ama admin, ditambah antibiotik jg

    BalasHapus
  8. semlm udah minum niy obat tapi kok ga ada perubahan ya?? katanya obat ini manjur........

    BalasHapus
  9. Obatnya agak mahal, 1'tabletnya skrg hmpir 5000.
    Tp aq udh coba 2X1hari selama 3hari berturut2, manjur bgd.........'
    ___________________________________________
    midikaraoke-hennyfadilla.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Kalau beli Cataflamnya memang mahal, untuk itulah diciptakan generiknya KALIUM DIKLOFENAK. Tinggal sebut saja KALIUM DIKLOFENAK di Apoteknya. Sudah murah, berakhasiat lagi. Kita khan gak makan merknya, yang penting khasiatnya.
    Sama seperti Ponstan, untuk generiknya tinggal sebut saja di Apotek ASAM MEFENAMAT. Jangan sebut Cataflam atau Ponstan di Apotek, tapi katakan KALIUM DIKLOFENAK untuk yang cari cataflam dan ASAM MEFENAMAT untuk yang cari Ponstan.

    BalasHapus
  11. cataflam ini maksimal sehari boleh minum brp butir?? kalo bersamaan dgn antalgin apakah ada efek negatifnya?
    ampuuun sakit bgt nih gigi..gara2 takut cabut gigi

    BalasHapus
  12. Cataflam 50mg maks sehari 3 butir, dianjurkan 2x sehari. Cataflam (kalium diklofenak) dan ponstan (asam mefenamat) tidak menyelesaikan masalah sakit gigi anda, sifatnya hanya "MEREDAKAN", yang nantinya pasti akan KAMBUH. Solusi terbaik adalah pergi ke dokter gigi dan periksakan masalah gigi anda untuk hasil yang lebih permanen.

    BalasHapus
  13. aq sakit gigi,minum cataflam,sakit giginya sieh berkurang tapi kok malah pipi q jadi bengkak.ap salah dosis ya?aq minum cataflam 25mg 3 kali sehari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq minum cataflam bisa sembuh sesaat,besoknya kambuh lagi.

      Hapus
  14. aku baru miinum jam 17:30, reda sakit gigiku kira2 15 menit kemudian, lalu jam 22:20 sakit gigi lagi di tempat lubang yang lain... sakitnya ga karu2an sampai2 aku lari kedapur biar ga ada yang liat sambil pegangin kepala sambil
    "ISTIGFAR= minta ampun ya Allah" 5 menit kemudian Alhamdulillah reda. belum tau lg kelanjutannya bro.....ngantuk banget udah.................

    BalasHapus
  15. halo saya mau nanya nih...apakah cataflam juga bisa digunakan utk nyeri kaki di bagian betis akibat jatuh? mohon infonya...makasih.

    BalasHapus
  16. Aku juga mengalami sakit gigi...ada lubang kecil di gerahan atas tp ternyata cukup dalam. Utk sementara dikasih obat voltadex oleh dokter, sebelum action selanjutnya. Awalnya terasa lama bgt bekerja obatnya...krn nyeri nya msh terasa. .baru 2x minum...akhirnya aku stop...aku coba ganti cataflam...ternyata langsung bekerja...saay nyeri dan ngili menyerang...10 menit kemudian langsung reda. Hebat juga cataflam...Tetapi 1 jam kemudian...lambungku yg kena efek sampingnya. ..Periiihhh dan sakiit bgt...hadeuuh...malah lbh menyakitkan lg... Akhirnya aku hentikan cataflam nya..balik ke voltadex yg tdk ada efek ke lambung... Minggu depan aku dijadwalkan cek lg stlh 1 minggu pemakaian obat. Kalo msh sakit..ya terpaksa dilakukan treatment syarafnya. Spt operasi kecil lah...pesan aku : kalau sakit gigi segera cek ke dokter...jgn memutuskan minum obat tanpa resep dokter...utk darurat boleh.tp tetap harus cek ke dokter..krn obat2 td hanya pereda sakit sementara...dan tdk menyembuhkan suumber sakitnya. ...Salam...

    BalasHapus
  17. Kalo emang sakit gigi n takut cabut gigi, mending ke dokter gigi aja, minta perawatan saluran akar (PSA) ke drg. Itu untuk gigi yg bolong tp gak perlu dicabut. Aku jg gitu soalnya. Emang prosesnya agk lama. Musti berkali2 bolak balik ke drg, cuma drpd dicabut.. :-) kalo minum obat doang mah gak mengatasi masalah..

    BalasHapus
  18. Kalo buat anak-anak 4 tahun bisa ga yah?

    BalasHapus
  19. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  20. gigi saya jga sakit,.. cataplam udah,.. ponstan udah,.. proris udah,.. tpi tetep akhirnya yg menyelesaikan ny dokter gigi,.... hehehehe

    BalasHapus
  21. saya pernah cobain minum susu habis gitu minum cataplam efeknya kurang terasa jadi masih sakit... tapi cataplam memang tokcer...

    BalasHapus
  22. Gak ada obat yg mempan, bahkan dokter gigi gak bisa berbuat banyak.mau cabut giginya tp obat biusnya gak mempan jg...... Bener2 menderita...

    BalasHapus
  23. klo lg sakit gigi memang dokter tdk mau nyabut nunggu sembuh dulu

    BalasHapus
  24. Benar tuh, lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi. .

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah Efeknya dahsyat ya langsung hilang nyut2annya...
    Ternyata penahan sakit ya..kirain mengobati penyakitnya..

    BalasHapus
  26. istriku minum obat ini, eh perutnya terasa perih dan setelah tiga hari berikutnya, dia muntah dan ada merah2 gitu. akhirnya aku suruh stop dulu deh. bagi dr gigi, kasih saran dong

    BalasHapus
  27. Aq minum tp bkan cataflam melainkan erphaflam..efeknya sama menghilangkan nyeri seketika..tp aq jd gatal2 bokongku! uh!

    BalasHapus
  28. apa bner tuh Catafalm manjur? qu msh ragu nieh ntar cuma sesaat trus kambuh lagi.. mhon pnjelasan nya..

    BalasHapus
  29. Barusan minum catraflam belum ada reaksi, jantungku berdebar jadi dek-degan takut g aada efek soalnya obatnya mahal mana beli banyak hahahaha.........!!!!

    BalasHapus
  30. cataflam sama ga seperti scanaflam.. krn sama2 buat inflamasi

    BalasHapus
  31. bagi yg gusinya sakit bengkak..minum lo han kuo

    BalasHapus
  32. Cuma bertahan beberapa jam....kambuh lagii

    BalasHapus
  33. aku jg lagi sakit gigi nih baru nyobain cataflam jam 10 pagi aku minum lumayan sih rada berkurang tp sekarang dah senut lagi jadi mau minum lagi klo ampe 3x minum masih begini ya terpaksa pergi ke tempat yang paling menyeramkan sepanjang hidupku "dokter gigi"

    BalasHapus
  34. Memang lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi....aku setuju banget....




    BalasHapus
  35. ke Dokter gigi memang menyeramkan sodara2,apalgi klo di operasi, rasanya wow..tapi cuma 2 hari aja kok sakitnya, abis itu gak bakalan lagi dech keluar kata2 lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi...alias sembuh dari sakit sakit.

    jadi saran ane klo sakit berlajut hub.drg, trus jangan takut klo emang harus di cabut...okeh

    (pengalaman pribadi)

    BalasHapus
  36. cataflam memang obat yang manjur untuk mengurangi rasa sakit

    BalasHapus
  37. aq tau obat ni dr tmenqu,ktanya bs ngurangin nyeri gigi tp gak bisa nyembuhin....
    bli di apotek yg 50mg sebutir cuma 6000 aja. baru 30 mnt minum nyeri udh brkurg.

    BalasHapus
  38. Tolooonggg..sahur minum ponstan 6jm kumat lg, brusan jam 18.30 minum cataflam 50mg malah nyut2an sampe nulis ini. Tolg donk apa ini obat skit gigi yg tokcerrr????

    BalasHapus
  39. ampun dech...... sakit gigi memang membuat tersiksa.....
    bagi yang belum merasakan, perhatikanlah gigi anda selalu jangan sampai kena sakit gigi,sumpah menderita...........!!!

    BalasHapus
  40. ..hwadooh..ane sakit gigi di 4 tempat..parah..minum amoxilin 2 biji ga mempan..bodrex 3 ga mempan..ponstan 1 ga mempan..panadol 2 ga mempan...ampe nangis2 gw..soakiiit banget..smaleman ga bs tidur..paginya ke lakesgilut halim..itu jg br nanganin 2 lobang...2 lainnya belum...alhamdulillah lumayan sdh baikan pas gw nulis ini..

    BalasHapus
  41. bingung mau ke dokter gigi takut banget .....

    BalasHapus
  42. ini agak g masuk akal dan g berhubungan, tapi banyak orang sudah membuktikannya. cukup minum oskadon 2 pil. dijamin sakit cenut2 berhenti kurang dari 15 menit seketika..

    BalasHapus
  43. mending sakit hati dari pada sakit gigi mah.. serius deh..
    makasih infonya sangat berguna :)

    BalasHapus
  44. saya sudah minum cataflam sampai 4x dengan dosis yg 25mg tp blm sembuh2 jg, bila dosisnya dinaikan mnjadi 50mg berbahaya atw tidak? soalnya tdk sembuh2 :(

    BalasHapus
  45. Gara2 k jedot pintu,gigi q ad yg patah.Tp g nyampek cmw na,tyz td siang q bawa k dokter d cabut gigi q.Prtama g trasa,hbz plng sakit na bukan maen,g d kasih obat lge.Minta info obat yg ampuh dunkz,sumpah bikin g bz tdr mlm nie_

    BalasHapus
  46. Nich...aq lg minum cataflam...abis cabut gigi geraham....setelah bius ilang...ampyuuunn bok...tp stlh minum ini...Alhamdulillah...1 jam berikutnya nyaris...tak terasa sakit..

    BalasHapus
  47. Aduh..... Sakit gigi q hlg sketika bca smw komen ni.... bis tu kambuh lg deh...... Tlong.....

    BalasHapus
  48. Amoxilin antibiotik, cataflam pengurang rasa sakit

    BalasHapus
  49. Bila gusi bengkak biasanya saya atasi dengan:
    1. Amoxicillin 500mg 3x1 selama 5 hari utk atasi infeksinya.
    2. Paracetamol 500mg 3x1 utk nyerinya.
    3. Vitamin C 500-100mg per hari utk mempercepat penyembuhan dan daya tahan tubuh.
    4. Obat kumur antiseptik utk kebersihan gusi, gigi, dan mulut.

    BalasHapus
  50. yg paling manjur buat ngurangin sakitnya, sukur" bisa ilang sementara sakitnya apa? pondstan? asammefenamat? cataflam? amoxilin? ato apa? sarannya donk yg uda pernah, minum asammefenamat sekali mkn 2 sama sekali ga ngefek, pondstan juga, alhamdulillah yg sakit bukan giginya tp gusinya bengkak

    BalasHapus
  51. Cuman sebentar tapi kambuh lagu.....aduuuuh....ampun.....

    BalasHapus
  52. Mantap nih cataflam, blm sejam dah ngk sakit lg tenggorokanku

    BalasHapus
  53. campuran biar cepat reda cataflam 50 gr,amoxilin dan ponstan 2x sehari,,tunggu 5 menit langsung ada reaksinya..udah kucoba...langsung reda,

    BalasHapus
  54. sumpah..suwakiiitt..huwaaaaa...T_T

    BalasHapus
  55. dolorstan 500 mg + erphaflam 50 mg .... mantap

    BalasHapus
  56. obatnya perih ya? biasanya yang perih emang cukup ampuh tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang manteb nih obat

      Hapus