Rabu, 28 April 2010

Nyeri Punggung Bawah / Low Back Pain itu apa sih ?

Nyeri punggung bawah adalah suatu keluhan berupa nyeri pada bagian tubuh antara thorakal sampai dengan sakrum ( Sidharta, 1984).
Spondilosis lumbal adalah suatu keadaan dimana ditemukan adanya degenerasi progresif diskus intervertebralis yang kemudian menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan pada daerah perbatasan tulang-tulang vertebra dan ligamen-ligamennya. Penyempitan foramen intervertebra dari depan oleh lipata-lipatan ligamen longitudinal posterior atau osteopit, sedangkan dari belakang oleh lipatan-lipatan ligamen flavum atau osteoartritis fascet, yang kemudian mendasari timbulnya nyeri radikuler pada spondilosis. (Cailiet,1981).

Etiologi
Penyebab spondilosis yang terbanyak adalah proses degeneratif dari diskus intervertebralis. Pada degenerasi diskus, mungkin terjadi pemipihan berangsur-angsur dari diskus dan pergeseran sendi-sendi permukaan posterior.
Sesuai dengan lokasi terhadap serabut-serabut dan motorik yang ikut menyusun ischiadicus maka ketiga jenis ischialgia itu dapat langsung di kenal berdasarkan pola bertolaknya dan penjalarannya. Ischialgia yang berawal dari lokasi foramen infer piriformis dan menjalar menurut perjalanannya nervus ischiadicus dan nervus peroneus serta nervus tibialis harus di curigai manifestasi neuritis ischiadicus primer dan otot entrapment neuritis dengan tempat penjepitan pada bangunan-bangunan di daerah persendian sakroiliaka (Sidharta, 1984).
Pada semua bentuk ligamen otot, tulang dan persendian ada yang sensitif terhadap rangsang nyeri karena ada saraf sensoris yang menjaganya kecuali ligamen flavum, ligamen interspinosus dan diskus intervertebralis yang resisten terhadap rasa nyeri. Walau tidak ada ujung saraf sensoris dalam discus intervertebralis, tapi ligamen longitudinal posterior yang peka terhadap nyeri dekat pada protusio intervertebralis yang akhirnya menimbulkan nyeri ( Cailet, 1978 )

Patologi
Spondilosis termasuk penyakit degenerasi yang proses terjadinya umumnya disebabkan karena berkurangnya kekenyalan diskus yang kemudian menipis diikuti dengan lipatan ligament longitudinal. Selanjutnya pada lipatan ini terjadi pengapuran dan terbentuk osteofit. Osteofit yang prominan dari dua tulang vertebra dapat menyatu dan membentuk jembatan osteofit.
Tanda dan gejala klinis
Tanda-tanda yang sering ditemukan dalam nyeri punggung bawah akibat spondilosis adalah rasa nyeri pada punggung bawah serta morning stiffnes. Nyeri biasanya timbul segera setelah trauma dan dapat bersifat lokal maupun radikuler dan menjalar. Nyeri radikuler timbul bila terjadi tekanan atau traksi pada akar saraf oleh karena prolapsus diskus intervertebralis ataupun spondilolisthesis.
Adanya perasaan nyeri pada punggung bawah tersebut menyebabkan penderita enggan bergerak sehingga otot-otot paravertebra rentan untuk terjadi spasme. Selain itu, penderita spondilosis lebih nyaman bila lumbalnya berada dalam posisi ekstensi. Keadaan demikian menyebabkan hilangnya lordosis lumbal dan menjadi flat back. Keadaan ini juga ada hubungannya dengan spasme otot paravertebra.

Diagnosa
Mendiagnosa nyeri punggung bawah harus sesuai keadaan sebenarnya yang dapat di ungkapkan oleh anamnesa dan tindakan pemeriksaan ( diagnostik fisik ). Pada penderita sengan spondilosis memperlihatkan pembatasan lingkup gerak fleksi-ekstensi, namun lingkup gerak lateralnya masih cukup baik. Kebiasaan yang tidak terpuji ialah mendiagnosis nyeri punggung bawah berdasarkan kelainan yang diperlihatkan oleh foto rongen seperti spondilosis, sacralis, lumbalis, dan spina bifida ( Priguna Sidharta, 1984 )

Diagnosa Banding
Sindroma yang menyeluruh tidak mungkin keliru di diagnosis tetapi bila serangan terjadi berulang-ulang kali dan bila spondilosis lunbal terjadi pelan-pelan menyusul tanda-tandanya sering terjadi khas, secara diagnostik ada tiga penyakit utama untuk disingkirkan:
penyakit radang, misalnya infeksi atau apondilolitis ankilosa, menyebabkan kekakuan hebat, LED meningkat pada sinar X terlihat perubahan erosive.
Tumor vertebra menyebabkan nyeri yang hebat dan spasme yang nyata. Pada metatasis pasien tampak sakit, LED meningkat dan sinar X memperlihtakan perusakan tulang atau sclerosis.
Tumor saraf, misalnya neorofibroma pada kauda equina dapat menyebabkan sciatica tetapi nyerinya terasa terus menerus dan miolografi dapat memperlihatkan cacat ( Apley, 1996 )
Prognosis
Dengan penanganan yang teratur kesembuhan pada penderita nyeri punggung bawah diperkirakan 70% dalam 1 bulan, 90% dalam 3-6 bulan dan 4% sembuh setelah lebih dari 6 bulan ( Cailet, 1976 ). Kesembuhan mutlak pada penderita nyeri punggung bawah karena spondilosis lumbal tidak bisa diharapkan karena spondilosis adalah degeneratif sekitar annulus fibosus, lamina dan artikularis yang mengeras karena terjadinya kalsifikasi ( Priguna Sidharta, 1994 )

Komplikasi
Skoliosis merupakan komplikasi yang paling sering ditemukan pada penderita nyeri punggung bawah karena Spondilosis. Hal ini terjadi karena pasien selalu memposisikan tubuhnya kearah yang lebih nyaman tanpa mempedulikan sikap tubuh normal. Hal ini didukung oleh ketegangan otot pada sisi vertebra yang sakit.

3 komentar:

  1. salah satu terapi untuk Low Back Pain adalah menggunakan korset lumbal. penggunan korset lumbal sebenarnya hanya untuk membantu percepatan penyembuhan karena terapi. bila terapi tidak dijalankan ya korset lumbal hanya berguna untuk memberikan support pada punggung supaya beban pungung tidak berlebihan. semuanya harus saling melengkapi untuk memberikan hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  2. salah satu terapi untuk Low Back Pain adalah menggunakan korset lumbal. penggunan korset lumbal sebenarnya hanya untuk membantu percepatan penyembuhan karena terapi. bila terapi tidak dijalankan ya korset lumbal hanya berguna untuk memberikan support pada punggung supaya beban pungung tidak berlebihan. semuanya harus saling melengkapi untuk memberikan hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  3. komplikasi secara umum yang dapat dialami low back pain apa?

    BalasHapus